Rabu, 18 Februari 2015

1001 MANFAAT DURIAN UNTUK KESEHATAN

Rumor yang berkembang di masyarakat yang merugikan bagi durian yaitu kandungan kolesterol. Sampailah pada suatu hari di salah satu program televisi swasta nasional yang menampilkan durian Lae yang dikatakan tidak mengandung kolesterol. Informasi ini betul, tetapi tidak tepat. Karena sejatinya, belum ada diatas dunia ini tanaman yang menghasilkan kolesterol. Bahkan sebenarnya 80% kolesterol berasal dari sintesa di dalam tubuh kita sendiri dan sisanya 20% berasal dari lemak hewani. Demikian juga rumor tentang kandungan alcohol pada durian. Lagi-lagi informasi ini sangat tidak tepat. Karena sesungguhnya tidak ada tanaman di atas bumi ini yang menghasilkan alkohol, kecuali karena fermentasi gula atau karbohidrat yang dikandungnya. Lalu bagaimana sebenarnya kandungan gizi durian?
Kalau soal rasa, tidak ada yang memungkiri sensasinya rasa durian. Hingga dalam refensi barat disebutkan ‘smells like hell, but tastes like heaven - baunya seperti di neraka tapi rasanya seperti di surga’. Kalau kita di Indonesia mendeskripsi rasa durian hanya kategori manis, manis legit atau manis sedikit pahit, justru orang barat mendeskripsikan lebih lengkap lagi, antara lain yang ditulis oleh seorang naturalis dari Inggris, Alfred Russel Wallace, yang antara lain mengatakan bahwa durian merupakan buah seperti puding yang diperkaya dengan rasa almond, kadang-kadang seperti rasa es krim keju, bercampur saus bawang, anggur, dan bermacam rasa yang unik. Ia juga memiliki daging buah yang pulen, dan tidaklah bertambah unsur rasa lain kecuali semakin menambah kelezatannya.
Durian mengandung nutrisi penting dalam jumlah yang tinggi melebihi buah lain. Hingga dikatakan oleh seorang penulis dari Thailand bahwa`kandungan nutrisi durian berkelas ‘bintang lima’. Diantara kandungan nutrisi yang penting tersebut adalah vit B, vit C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Disamping itu juga zat gizi umum seperti karbohidrat, lemak tak jenuh dan protein
Di dalam catatan pengobatan tradisional dikatakan bahwa durian memiliki manfaat sebagai penghangat badan, meningkatkan kebugaran mental, dan penambah vitalitas kaum pria (aphrodisiac). Untuk yang terakhir ini ada ucapan terkenal di Malaysia ‘saat durian mulai jatuh, maka sarung mulai naik’. Sedangkan penelitian modern telah menemukan bahwa kandungan zat khusus pada durian memberikan peranan yang penting pada kesehatan manusia.
Phytonutrient misalnya, merupakan zat alami yang banyak terdapat pada durian juga kebanyakan buah-buahan dan sayuran. Walaupun pelum dapat diidentifikasi sejara gambling (intangible) namun diakui zat ini memberikan manfaat bagi pemeliharaan kesehatan bersama dengan vitamin, mineral dan serat. Peneliti dari Ohio State university bahkan menyatakan bahwa zat ini adalah vitamin-vitamin masa depan. Phytonutrient ditengarai mampu menonaktifkan zat penyebab kanker, meningkatkan sistim kekebalan tubuh, mencegah katarak dan menurunkan resiko terhadap penyakit-penyakit kronis seperti kanker,  diabetes, jantung dan hipertensi.
Durian banyak mengandung zat antioksidant dan polyphenol yang dikatakan memiliki kemampuan yang lebih tinggi daripada antioksidan yang berupa vitamin. Sedangkan durian memiliki kedua jenis antioksidan ini, baik vitamin (vit C) maupun non-vitamin. Umumnya disebutkan kandungan vitamin C pada durian berkisar dari 22.9-107, bahkan dari analisa yang dilakukan Balitbu Tropika dijumpai ada durian yang mengandung sampai 200 mg/100 gram daging buah. Ini merupakan angka tertinggi untuk kandungan vitamin pada buah.
Phytosterol juga merupakan zat penting yang banyak dikandung durian. Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of  New York di Buffalo memberikan catatan tentang manfaat zat Phytosterol, antara lain: memperbaiki reaksi anti tumor pada tubuh, memperbaiki ketahanan terhadap kanker, dan secara langsung menghambat pertumbuhan tumor.
Zat organosulfur merupakan salah satu kandungan gizi penting pada buah durian. Zat ini juga banyak terdapat pada bawang putih. Manfaat dari organosulfur ini adalah untuk menurunkan sintesa kolesterol yang terjadi di sel hati, anti radang, antioksidant, anti-mikroba (bakteri dan jamur), merupakan komponen insulin untuk meningkatkan serapan glukosa untuk menghasilkan energy, serta organosulfur bersama thiamin dan biotin membantu menjaga metabolism gula dan efektif sebagai penstabil kadar gula darah.
Yang tidak kalah pentingnya adalah kandungan Tryptopan yang dikenal memiliki efek ‘feel good’ bagi yang mengkonsumsi durian. Zat ini merupakan salah satu asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk Serotonin, Melatonin dan Niacin yang dapat digunakan untuk mencegah depresi, rasa cemas, susah tidur, stress, rasa sakit, dll.
Fakta-fakta manfaat durian bagi kesehatan manusia juga telah dirangkum oleh Profesor. Dr. Aminuddin AHK dari Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran, univ. Kebangsaan Malaysia, sbb.: Durian mengandung tiga jenis gula alami sukrosa, fruktosa dan glukosa. Berkombinasi dengan serat, durian secara instant, berkelanjutan dan nyata memberikan tambahan energi bagi yang mengkonsumsinya. Penelitian membuktikan bahwa hanya dengan dua pongge durian dapat menyediakan energi untuk kerja 90 menit secara berterusan. Jika dibandingkan dengan Apel, maka durian mengandung 4 kali protein, 2 kali karbohidrat, 3 kali fosfor, 5 kali vitamin A dan zat besi, serta 2 kali untuk vitamin dan mineral yang lain.
Dengan kandungan gizi yang kaya, mengkonsumsi durian dapat menjaga dan mencegah sejumlah penyakit dan menjaga kodisi kesehatan, diantaranya:
Mencegah depresi: Menurut salah satu survey terbaru yang dilakukan oleh MIND, menunjukkan diantara masyarakat yang mengalami depresi, memperoleh kondisi yang lebih baik setelah makan durian. Hal ini disebabkan durian mengandung tryptophan, salah satu jenis asam amino yang dapat di rubah dalam tubuh menjadi serotonin, untuk membuat badan lebih rilek, meningkatkan mood, dan secara umum membuat perasaan lebih gembira.
PMS (premenstrual syndrome): Vitamin B6 yang dikandung durian meregulasi kadar gula darah yang akan meningkatkan mood anda.
Mencegah Anemia (kurang darah): Dengan kadar besi tinggi, durian dapat merangsang produksi haemoglobin dalam darah sehingga membantu penderita anemia.
Menekan tekanan darah: Durian mengandung kalium sangat tinggi tetapi kadar garam yang rendah, membuat durian sempurna untuk menekan tekanan darah. Sehingga US Food and Drug Administration telah mengijinkan industri durian untuk mengajukan pengakuan resmi terhadap kemampuan durian mengurangi resiko dari tekanan darah tinggi dan stroke.
Brain Power : 200 pelajar di Twickenham (Middlesex) school telah dibantu ujian mereka dengan makan durian pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang untuk mendorong kecerdasan mereka. Penelitian menunjukkan bahwa kalium buah yang tinggi dapat membantu siswa lebih perhatian/serius pada pelajaran.
Melancarkan BAB: Karena mengandung serat tinggi, menambahkan durian dalam menu harian dapat membantu menormalkan proses pencernaan dan melancarkan BAB.
Mabuk perjalanan, kelelahan: Salah satu cara tercepat untuk menangani hangover adalah dengan membuat durian milkshake, dengan campuran madu. Durian akan menenangkan perut, madu akan menaikan kadar gula darah, sementara susu akan me-rehidrasi sistim tubuh.
Meredakan nyeri lambung: Durian memiliki efek antacid alamiah pada tubuh, apabila anda mengalami nyeri perut, cobalah makan durian untuk meredakannya.
Menghindari mual (Morning Sickness): Makan durian diantara makanan pokok membantu menjaga kadar gula darah dan menghndari morning sickness.
Mengurangi gatal akibat gigitan nyamuk: Sebelum anda menggunakan krim gigitan nyamuk, coba dulu gosok kulit yang digigit nyamuk dengan bagian dalam kulit durian. Banyak orang mendapati hal ini sebagai cara yang luar biasa dan berhasil untuk mengurangi bentol dan gatal akibat gigitan nyamuk.
Memperbaiki system syaraf: Durian mengandung vitamin B yang tinggi yang dapat membantu memperbaiki system syaraf anda.
Mengontrol diet bagi orang kegemukan: Studi di the Institute of Psychology di Austria menunjukkan bahwa tekanan pekerjaan mendorong orang banyak makan dan ngemil. Satu hasil kajian menyimpulkan bahwa untuk menghindari ngemil akibat stress, kita perlu makan makanan berkadar karbohidrat tinggi setiap 2 jam untuk menjaga kestabilan. Durian merupakan buah berkadar karbohidrat 20% hingga 39%.
Radang saluran pencernaan: Durian dapat digunakan sebagai makanan pencegah sakit intestinal sebab durian bertekstur lunak dan lembut. Durian satu-satunya buah segar yang dapat dimakan langsung pada kasus yang telah kronis. Durian juga menetralisir kelebihan asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi dinding perut.
Pengontrol suhu badan: Hal yang sangat bertolak belakang dengan kepercayaan kita. Ternyata banyak budaya bangsa lain yang memandang durian sebagai buah ‘pendingin’ yang dapat menurunkan suhu bagi ibu hamil. Sebagai contoh di Holand, wanita hamil disuruh makan durian untuk meyakinkan bahwa bayi mereka akan lahir dengan suhu yang ‘cool’.
Membantu berhenti merokok: Durian dapat juga membantu orang yang berusaha berhenti merokok, karena mengandung vit B6, B12, kalium dan magnesium yang membantu tubuh bertahan dari efek ketagihan nikotin.
Mencegah stress: Kalium adalah salah satu mineral vital, yang membantu menormalkan denyut jantung, mengirim oksigen ke otak, dan meregulasi keseimbangan air dalam tubuh. Ketika kita stress, metabolisme kita meningkat sehingga mengurangi kadar kalium. Hal ini dapat di seimbangkan kembali dengan makan durian yang mengandung kalium tinggi.

Mengurangi resiko stroke: Menurut penelitian di The New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa makan durian sebagai bagian dari menu harian dapat megurangi resiko kematian akibat stroke sampai 40%.
Obat luka: Durian juga merupakan alternative untuk penyembuhan luka. Ambil sebagian durian dan tempelkan pada luka kemudian plester atau balut.
Lalu bagaimana dengan rumor yang selama ini berkembang dan bagaimana makan durian yang  dapat betul-betul member manfaat bagi kesehatan?
Kasus-kasus negatif yang terjadi selama ini berkaitan dengan durian adalah akibat terjadinya over energy karena makan durian dalam porsi yang berlebihan. Jika energy tidak tersalurkan maka akan menyebabkan terganggunya keseimbangan badan yang berakibat colapse. Sehingga disarankan agar makan durian cukup 100-200 gram saja setiap kali makan. Juga agar diperhatikan agar makan durian tidak dicampur dengan alkohol dan hindari makan durian pada saat menjelang tidur. (Disadur dari berbagai sumber) *http://balitbu.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/berita-mainmenu-26/13-info-aktual/339-1001-manfaat-durian-untuk-kesehatan

7 Manfaat Dahsyat Durian Bagi Kesehatan Tubuh Anda


Manfaat Durian Bagi Kesehatan. Durian merupakan salah satu buah yang nikmat dan difavoritkan bagi sebagian orang.Manis, bau menyengat, warna buah kuning serta memiliki duri tajam pada kulitnya merupakan ciri fisik yang dimiliki oleh buah durian. Namun, bagi penyuka durian akan selalu menantikan musim durian tiba. Selain manis, buah durian juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat dahsyat buah durian bagi kesehatan tubuh tersebut...???.


     Sahabat, tips kesehatan. Buah durian juga dikenal sebagai king of fruit (raja dari segala buah-buahan). Ini dikarenakan, buah durian mengandung nutrisi berupa karbohidrat, protein, serat, vitamin B1, B2, vitamin C, kalsium, kalium serta fosfor yang sangat tinggi. Berbagai nutrisi tersebut membantu menjaga dan mempertahankan tubuh tetap sehat dan fit sepanjang hari. Untuk mengetahui berbagai manfaat detail durian bagi kesehatan tubuh, tips kesehatan akan menyajikannya secara lengkap pada bahasan kali ini, Berikut ini, 7 manfaat dahsyat durian bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Solusi Agar Tidak Mudah Capek. Dalam 100 gram buah durian mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebesar 21 persen. Sehingga buah durian dapat menambah energi tubuh secara instan, disaat aktivitas atau pekerjaan yang relatif padat dan menguras tenaga dan pikiran.
  2. Penangkal Depresi Secara Lebih Alami. Buah durian mengandung vitamin B6 yang memiliki peran untuk memproduksi serotonin. Serotoni inilah yang akan berperan menangkal depresi yang menyerang anda.
  3. Nutrisi Bagi Tulang Dan Gigi. Buah durian mengandung kalsium, kalium serta vitamin B1 dan B2 yang dapat menyuplai berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dang gigi anda. 
  4. Kulit Lebih Awet Muda. Buah durian mengandung sumber vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C inilah yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dan memperlambat proses penuaan pada kulit tubuh dan wajah anda.
  5. Pencernaan Yang Lebih Sehat. Buah durian mengandung serat yang cukup tinggi, kandungan serat inilah yang dapat membantu kerja organ pencernaan dapat bekerja lebih optimal. Sehingga, berbagai masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar bukan menjadi masalah lagi bagi anda.
  6. Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah. Buah durian mengandung mangan yang mana berperan dalam mengontrol kadar gula dalam darah tetap normal. 
  7. Solusi Anemia (Kurang Darah). Buah durian mengandung folat, tembaga serta xat besi yang berperan penting dalam mengatasi gejala anemia atau kurang darah yang menimpa anda. 
Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 manfaat dahsyat durian bagi kesehatan tubuh anda. Meskipun terdapat berbagai manfaat durian bagi kesehatan, kitapun juga harus membatasi mengkonsumsi buah durian secara tidak berlebihan. Sumber : organicfacts, 

Durian (Aceh: Boh Drien) adalah buah asli Asia Tenggara, yang dibudidayakan dan tumbuh liar di hutan - hutan di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina. Durian adalah salah satu buah terbesar, yang beratnya bisa mencapai 1-4 kg dengan diameter 15-30 cm. Setiap buah durian biasanya memiliki 5 kompatemen. 

Daging buahnya berwarna kuning emas, dengan biji yang ukurannya bervariasi, tergantung spesiesnya. Pohon durian berbuah setelah berusia 4-5 tahun dan dapat tumbuh hingga ketinggian 50 meter. 

Manfaat Durian

Inilah beberapa manfaat durian yang kami nukil dari berbagai sumber: 
  • Mengatasi sembelit, karena durian banyak mengandung serat 
  • Mengatasi anemia, karena mengandung folat atau Vitamin B9 yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah
  • Menjaga kesehatan kulit, karena mengandung Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan antipenuaan
  • Mengandung banyak potasium atau kalsium, sehingga baik untuk kesehatan tulang dan persendian
  • Menjaga kadar gula darah tetap stabil, karena durian mengandung mangan, namun jangan dimakan berlebihan
  • Bisa menjaga kesehatan kelenjar tiroid, karena durian Mengandung senyawa tembaga
  • Menjaga nafsu makan, karena banyak mengandung Vitamin B1
  • Mengatasi migrain, karena mengandung senyawa riboflavin atau Vitamin B2
  • Meredakan stres dan mengatasi depresi, karena mengandung Vitamin B6 atau piridoksin 
  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena mengandung posphor.

Bahaya Durian 
      Yang paling sering dibicarakan mengenai bahaya durian adalah bahayanya bagi ibu hamil. Durian dipercaya memiliki efek "panas" yang berbahaya bagi kehamilan. Namun nampaknya hal ini belum terbukti secara medis.

      Selain bahaya bagi ibu hamil, durian juga memiliki beberapa bahaya lainnya, antara lain:
      • Durian dapat menyebabkan terjadinya diabetes karena glukosa yang ada dalam durian. sedangkan kolesterol dan alkohol menimbulkan efek buruk pada jantung. 
      • Durian menyebabkan Gangguan pencernaan jika dikonsumsi bersama dengan minuman beralkohol. Bahkan kandungan sulfur pada durian bisa menghambat metabolisme alkohol dan bisa memicu kematian.
      Itulah beberapa manfaat dan bahaya durian yang penting diketahui dan diingat supaya dapat diambil manfaatnya dan dijauhi bahayanya.


      9 Manfaat Buah Durian di Dalam Kandungan Nutrisinya

      Manfaat buah durian sebenarnya masih tidak banyak orang yang mengetahuinya. Buah durian memang dikenal dengan aromanya yang cukup menyengat dan tidak semua orang menyukainya. Padahal, buah berbau tajam ini merupakan buah asli Indonesia dan meskipun baunya cukup menyengat, banyak pula orang yang dibuat ketagihan karena rasanya yang begitu khas.
      Rasa buah ini memang khas dan sangat menggiurkan lidah bagi pecintanya, tapi sebenarnya adakah manfaat buah durian ini?? karena buah durian ini, cukup ditakutkan untuk dikonsumsi, terlebih lagi bagi penderita hipertensi.
      Kandungan Gizi Buah Durian
      The King of Fruit atau durian ini, memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya seperti :
      • karbohidrat
      • protein
      • lemak tak jenuh
      • vitamin B,C
      • magnesium
      • fosfor
      • kalium
      • thiamin
      • polyfenhol
      • omega 3 dan 6
      • antioksidan
      1. Kalori dan Lemak
      Buah durian mengandung sekitar 357 kalori, yang terdapat di dalam 1 cangkir porsi buahnya. Buah durian juga mengandung lemak namun dalam jumlah yangsedikit lemak , yaitu sekitar 13 gram per porsi untuk 33 persen dari kalori. Batasi asupan lemak sekitar% dari kalori harian, jika menonsumsi buah durian.
      2. Karbohidrat
      Terdapat sekitar 130 gram karbohidrat di dalam satu cangkir durian, dan ini mencukupi sekitar setengah jumlah kalori yang disarankan per hari. Saat mengkonsumsi durian, hati-hati untuk rencana makan, dengan memonitor konsumsi karbohidrat. Terlalu banyak mengkonsumsi  makanan berkarbohidrat, dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan. Sertakan juga dalam menu makan sekitar 25-38 gram serat untuk membantu mencegah sembelit, diare dan masalah perncernaan lainnya.
      3. Protein
      Satu cangkir durian mengundang protein sebanyak  3,6 gram atau mencukupi kebutuhan harian protein sekitar 6,4 persen menjadi 7,8 persen. Pada sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Mei 2010 dari “American Journal of Gastroenterology” menunjukkan bahwa protein dari daging dan ikan dapat menyebabkan peningkatan risiko sindrom iritasi usus besar, sehingga mendapatkan protein dari buah-buahan, sayuran dan sumber-sumber lain mungkin akan lebih baik untuk menekan resiko ini.
      4. Vitamin dan Mineral
      Setiap 1 cangkir durian mengandung 80 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Vitamin C juga berfungsi dalam pembentukan kolagen pada kulit dan meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, durian juga mencukupi asupan vitamin B-6 yang dibutuhkan dalam tubuh setiap hari.
      5. Zat besi dan tembaga
      Tembaga dan zat besi dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel darah merah yang sehat. Durian juga mengandung mangan yang membantu dengan tulang dan kesehatan kulit. Tidak hanya itu, sekitar 25 persen dari asupan riboflavin dan tembaga yang direkomendasikan, ada di dalam 1 porsi buah durian.
      6. Kalium
      Durian memiliki banyak kandungan kalium yang sangat membantu untuk kesehatan.Kalium adalah elektrolit penting yang membantu mengontrol tekanan darah yang juga banyak terdapat pada manfaat pisang. Zat ini berfungsi untuk menjaga kadar natrium dan membantu mengatur detak jantung.
      7. TrIptopan
      Triptopan dikenal sebagai obat tidur alami yang salah satunya didapat buah durian. Triptopan bekerja dengan mengatur metabolisme menjadi berbagai neurotransmitter, dan dapat membantu dalam induksi tidur, bahkan menjadi pengobatan untuk epilepsi.
      8. Tiamin
      Jika tubuh membutuhkan lebih banyak tiamin, buah durian bisa menjadi sumber tiamin alami seperti yang juga ada pada manfaat kacang hijau. Buah durian mengandung sekitar 30% tiamin dari asupan harian yang direkomendasikan. Zat tiamin inilah yang berfungsi menjaga metabolisme karbohidrat dalam tubuh, untuk berubah menjadi energi dan membantu dalam hal-hal seperti otot dan kesehatan saraf.
      9. Folat
      Zat asam tolat  banyak didapat pada buah durian, satu porsi buah durian berisi setidaknya 20% kebutuhan harian kandungan ini. Asam folat dapat membantu tubuh mencegah penyakit jantung, perkembangan janin, bahkan membantu fungsi otak berjalan dengan benar.
      Asam folat ini juga banyak terdapat pada :
      • manfaat sari kurma
      • manfaat alpukat
      • manfaat kedelai
      Penelitian Buah Durian
      Kandungan pada manfaat durian tersebut telah banyak dilakukan penelitian, diantaranya adalah sebagai :
      manfaat-durian1 -  Zat phytonutrient pada buah durian disebutkan dalam penelitian Ohio State University memiliki kemampuan mematikan zat penyebab gejala kanker, gejala penyakit diabetes dan menurunkan resiko gejala penyakit jantung. Vitamin C pada buah, merupakan kadar tertinggi yang dimilikinya dari buah lain. Sektar 200 mg/100 gr buah.
      2- Penelitian lain dari Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalojuga menunjukkan pada durian terkandung zat phytosterol yang berguna memperbaiki reaksi sel tumor pada tubuh dan mencegah pertumbuhan timbulnya kanker.
      3- Dalam upaya untuk mengembangkan varietas durian yang cocok untuk banyak orang, para peneliti Thailand membuat rekayasa buah dengan bau yang lebih menyenangkan pada tahun 2007. Namun perkembangannya menuai protes dikalangan pecinta durian, di mana durian bernilai lebih tinggi yang memiliki aroma paling menyengat.
      Konsumsi Durian Yang Baik
      Pada sebuah durian banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil. Namun pengkonsumsian durian hendaklah disesuaikan, jangan sampai berlebihan. Cukup konsumsi durian 100-200 gr dalam sekali makan untuk tetap menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

      Ketahui Manfaat dan Bahaya Durian bagi Kesehatan


      Manfaat dan bahaya durian - Sebelumnya kita telah menjelaskan manfaat durian secara umum bagi kesehatan tubuh. Sementara kali ini, sebagai sambungan dari artikel sebelumnya, kita akan melihat dalam skop lebih luas sekalipun artikelnya agak ringkas, yaitu manfaat durian dan bahaya mengkonsumsi durian. 

      Buah durian adalah termasuk buah-buahan yang besar bahkan termasuk dari daftar buah terbesar dengan kulitnya berduri-duri tajam dan keras. Buah durian memiliki berat biasanya antra 1 kg-4kg, sementara diameternya bisa mencapai 15 hingga 30 cm. Daging buah durian biasanya bewarna kuning ke emasan, namun ada juga yang kadang berwarna putih agak pucat (ini biasanya tidak manis). Biji durian ada yang besar dan ada yang kecil tergantung dari jenis durian itu sendiri.
      Manfaat dan Bahaya Durian bagi Kesehatan
      Pohon durian tumbuh secara liar dihutan-hutan Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand, dan ada juga yang tumbuh karena dibudidaya, ini adalah yang terbanyak. Pohon durian akan berbuah ketika umur tanamnya sudah 4 tahun. Pohon durian akan tumbuh terus hingga mencapai ketinggian 50 meter. Jadi tanaman ini akan bertahan selama berpuluh-puluh tahun lamanya.

      Lantas apa saja manfaat durian bagi kesehatan dan apa saja bahayanya. Sebagaimana yang dilansir dari peutrang.blogspot.com ada beberapa manfaat dari buah durian serta bahayanya, berikut ulasannya.

      Manfaat Buah Durian bagi kesehatan Tubuh

      1. Durian bisa menjadi buah yang bagus untuk pencernaan, sehingga buah ini bisa mengatasi sembelit yang dirasakan seseorang. Kandungan serat yang tinggi dalam daging buah durian menjadi alasan buah ini penting dimakan oleh yang menderita masalah pencernaan.
      2. Mengatasi penyakit anemia. Kandungan asam folat dan vitamin B9 dalam buah durian menjadikan buah berdaging bau enak ini bagus untuk menjadi produser sel darah merah, sehingga kekurangan darah bisa di atasi.
      3. Bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dalam buah durian menjadikan buah berkulit duri ini bagus dalam mencegah terjadinya penuaan dan kerutan pada kulit. Vitamin dalam durian berperan sebagai anti oksidan yang bagus menjaga kerusakan sel kulit.
      4. Durian bermanfaat untuk tulang dan persendian. Kandungan potasium dan kalsium dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kesehatan persendian seperti lutut, ruas jari dll.
      5. Manfaat durian untuk mengatur kestabilan darah. Buah durian bisa mengstabilkan darah, ini dkikarenakan dalam buah ini mengandung mangan. Kendati demikian, tetap tidka bagus kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.
      6. Kandungan tembaga dalam buah durian bagus dalam menjaga kesehatan tiroid.
      7. Karena banyak kandungan vitamin B1, maka buah durian bermanfaat juga untuk menjaga nafsu makan
      8. Kandungan senyawa iboflavin atau Vitamin B2 dalam durian membuat buah enak ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya migrain.
      9. Buah durian juga bermanfaat untuk meredakan stres dan mengatasi depresi, ini tidak lain karena dalam buah durian mengandung vitamin B6 atau piridoksin
      10. Porfor dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut

      Bahaya mengkonsumsi Buah Durian

      Setelah kita membahas manfaat durian bagi kesehatan, kini kita lirik apa saja bahaya buah durian bagi kesehatan.

      Mungkin kita sering mendengar bahwa buah durian memiliki bahaya kesehatan, terutama dikaitkan dengan ibu hamil, karena adanya efek panas pada durian yang bisa berakibat keguguran pada janin. Padahal ini belum ada bukti yang clear secara medis. Selain berbahaya bagi kesehatan janin yang dikandungnya, ada sejumlah bahaya lain buah durian bila dikonsumsi oleh siapa saja, yaitu:
      1. Buah durian bisa meningkatkan gula darah bahkan hingga diabetes, kalau dikonsumsikan dalam jumlah banyak dan terlalu sering maka kandungan glukosa yang tinggi dalam durian akan menjadi penyebab diabetes
      2. Selain itu, Durian juga berbahaya bagi pencernaan kalau dikonsumsi berbarengan dengan alkohol. Selain itu, kandungan alkohol dan kolesterol dalam durian bisa mebahayakan kesehatan jantung.
      Bahaya durian yang paling parah adalah ketika dikonsumsi berbarengan dengan alkohol, karena kandungan sulfur dalam durian akan menghambat metabolisme alkohol dan ini bisa memicu kematian. So, be careful terhadap buah ini, disamping enak dan manis ada juga sejumlah racun didalamnya.

      Efek Samping Makan Durian

      Segala sesuatu yang berlebihan tentu akan berdampak kurang baik bahkan mendatangkan penyakit. Demikian juga dalam mengkonsumsi buah durian.
      Kita perlu berhati-hati karena dalam buah durian juga ditemukan adanya senyawa alkohol (ethanol, methanol, ethyl metacrylate) dan berbagai senyawa sulphur.
      Kita sudah tahu dampak buruk alkohol bagi kesehatan, diantaranya dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi bagi pengidap hipertensi dan penyakit penyertanya seperti jantung koroner, stroke, atau gangguan ginjal, mengkonsumsi durian berlebih bisa berdampak buruk terhadap penyakit yang dideritanya.
      Kandungan lemak dan glukosa dalam durian juga cukup tinggi. Lemak dalam buah sebetulnya merupakan lemak tidak jenuh, non kolesterol. Pada kondisi buah yang sangat matang, glukosa akan berubah menjadi alkohol.
      Alkohol dan glukosa tinggi inilah yang dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Jadi bagi pengidap penyakit diabetes atau kencing manis juga perlu berhati – hati untuk mengkonsumsi buah durian.
      Kandungan kalori yang tinggi dalam durian menyebabkan bila dikonsumsi berlebihan akan menghasilkan pembakaran yang berlebihan dalam tubuh sehingga menimbulkan manifestasi terasa panas dalam tubuh.
      Ditambah dengan adanya senyawa yang mengandung alkohol dalam durian, akan menyebabkan pembuluh darah tubuh mengalami penyempitan. Hal-hal tersebut akan membuat hormon stress meningkat, sehingga tekanan darah akan semakin tinggi, bahkan dapat berakibat terjadinya stroke dan serangan jantung.  
      Bagi Anda penggemar durian tidak usah khawatir akan bahaya durian asalkan Anda dapat mengontrol dan ”membatasi” konsumsi durian Anda sesuai dengan kondisi fisik Anda . Disarankan tidak mengkonsumsi durian bersamaan dengan alkohol, tape, kopi, karena dapat berdampak tidak baik terhadap tekanan darah.
      Sebaliknya banyak minum air putih disarankan setelah Anda mengkonsumsi durian. Makan durian memang terasa nikmat, namun jangan sampai kenikmatan tersebut merusak nikmat sehat yang Anda rasakan sekarang.


      Manfaat dan Dampak Negatif Buah Durian


      Manfaat dan Dampak Negatif Buah DurianDurian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari Asia tenggara duriandan nama tersebut sekaligus dipakai sebagai nama buahnya. Durian biasa disebut dengan King Of fruit atau Rajanya buah. Meskipun banyak orang yang menyukainya tetapi banyak juga orang yang tidak menyukainya karena aromanya yang sangat tajam dan menyengat bahkan ada yang merasakan pusing jika tercium aroma buah durian. Bagi orang-orang yang menyukainya, buah durian adalah buah yang sangat lezat dengan aroma yang sangat harum. Dan ternyata buah durian adalah salah satu makanan sehat yang mempunyai banyakmanfaat bagi kesehatan tubuh, meskipun ada dampak negatifnya bagi orang-orang yang memang berpantang makan durian karena menderita penyakit tertentu. Kalau bagi orang yang bertubuh sehat tentu tidak masalah jika mengkonsumsi durian asal tidak berlebihan, karena akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh
      Buah durian memang sangatlah bergizi, diantaranya mengandung vitamin B, C, E, zat besi, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, fosfor, asam folat, magnesium, potasium/kalium, zinc, mangaan, karoten, tembaga, niacin, thiamin dan riboflavin. Durian juga mengandung gula yang cukup banyak, oleh sebab itu bagi penderita diabetes melitus sebaiknya menghindari buah yang satu ini karena akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Bagi penderita jantung serta penderita darah tinggi sebaiknya juga menghindarinya, karena durian juga mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi. Kalaupun makan hannya sekedarnya dan tidak berlebihan tentu tidak akan menjadi masalah. Buah durian juga bersifat panas seperti halnya makanan tape oleh sebab itu sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsinya.
      Sebenarnya manfaat buah durian lebih banyak dari pada negatifnya, tetapi karena persepsi dimasyarakat terlanjur terbentuk bahwa dibalik kelezatan buah durian akan ada efek negatifnya. Meskipun itu tidak sepenuhnya salah, kalaupun kebanyakan memang akan jadi penyakit. Tetapi jika kita makan sewajarnya, kemungkinan itu sangat kecil. Bahkan malah akan membawa manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantaramanfaat buah durian adalah sebagai berikut :
      >> Durian berfungsi sebagai pembersih darah
      >> Dapat mengatsi anemia karena mengandung asam folat dan zat besi
      >> Dapat menghambat penuaan dini karena mengandung vitamin C sebagai antioksidan
      >> Mengobati penyakit ruam pada kulit ( kurap )
      >> Dapat mengobati penyakit kuning
      >> Dapat mengurangi stress dan depresi karenan kandungan vitamin B6
      >> Baik untuk kesehatan gigi karena mengandung fosfor
      >> Bisa meningkatkan nafsu makan karena kandungan niasin
      >> Bisa membantu mengatasi migrain karena kandungan vitamin B2
      >> bisa menstabilkan gula dalam darah karena kandungan mangaan
      Dari manfaat buah durian diatas masih banyak manfaat lainnya baik itu dari akar dan ekstrak kulit buah durian itu sendiri. Oleh sebab itu makanLAH  buah durian secukupnya karena akan membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, demikian juga sebaliknya jika terlalu banyak mengkonsumsinya atau belebihan maka hanya dampak negatif yang akan didapat. Bukankah segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. BE HEALTHY BE HAPPY…!!!!!

      1 komentar:

      1. makasih artikelnya berguna sekali
        http://obattipes.xyz/

        BalasHapus