Kamis, 19 Februari 2015

Manfaat mandi dengan air panas

DIBALIK MANFAAT, ADA RUGI MANDI AIR HANGAT.

Aktifitas menyenangkan ternyata tak selamanya memberikan manfaat yang baik bagi kondisi tubuh kita. Banyak orang menyukai aktifitas dan kecenderungan untuk melakukannya kembali sangat besar.
Salah satu Contohnya adalah mandi air hangat. Tak bisa dipungkiri mandi air hangat memang mempunyai khasiat/manfaat bagi tubuh kita. Apalagi apabila kita melakukannya dalam keadaan tubuh kita lelah sekali. Tapi apakah anda tahu kalau ternyata mandi air hangat ini ternyata mempunyai dampak yang negatif juga buat tubuh kita?  Berikut ulasan dari beberapa Kerugian Mandi Air Hangat Secara Rutin 

1. Memperbesar Pori - pori Kulit
Untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak, mandi hangat memang dapat membantu.
Namun, bila Anda tidak menutup kegiatan mandi air hangat dengan air dingin,
Maka pori-pori Anda akan membuka dan semakin lebar, yang menyebabkan mudah terbentuknya jerawat.


2. Menurunkan Kualitas Sperma
Berendam atau mandi dengan air hangat tidak baik untuk testis. Berdasarkan penelitian tahun 2007, berendam selama 30 menit dalam bak air hangat atau panas dapat menurunkan produksi sperma.
Tapi efek negatif ini bersifat reversible (dapat berubah).

Eksposur air hangat atau panas bisa berdampak negatif bagi sperma karena membuat sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang. Perkembangan sperma terbaik dikenal pada lingkungan yang dingin. Inilah sebabnya mengapa testis terletak di luar tubuh manusia, yaitu di dalam skrotum.


3. Membahayakan Janin
Mandi air hangat sebenarnya tidak bermasalah untuk ibu yang sedang hamil, tapi yang perlu diperhatikan adalah suhunya. Bila suhu air terlalu tinggi maka kegiatan mandi tersebut bisa membahayakan Bayi. Suhu yang tinggi terutama di awal-awal kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir pada keturunan yang dilahirkan.

Namun pada dasarnya mandi air hangat tersebut sesekali memang tidak apa-apa untuk dilakukan. 
Karena mandi air hangat juga Bermanfaat:
1. Sembuhkan Batuk
Menghirup uap panas selama 10-15 menit bisa membantu kita menghilangkan phlegm, yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan membuat kita batuk. Makanya, mandi air panas bisa membantu menyembuhkan batuk.
2. Hilangkan Stres dan Insomnia
Mandi air panas membuat kita merasa santai, meringankan sakit dan tegang pada otot dan memperlancar peredaraan darah. Makanya, mandi air panas bisa membantu menghilangkan stres dan membuat kita tidur lebih mudah.
3. Obati Migrain
Penyebab kita sakit kepala atau migrain adalah karena peredaran darah ke kepala kurang lancar. Karena air panas bisa membuat peredaran darah kita lancar, secara otomatis juga bisa mengurangi sakit kepala kita.
4. Membantu Menghindari Kulit Kering
Kalau cuaca dingin, kulit kita sering banget jadi kering dan pecah-pecah. Untuk menghilangkan itu, kita biasanya menggunakan pelembab atau pun body lotion. Tapi, sebaiknya sebelum itu, kita mandi air panas dulu, karena akan membuka pori-pori kulit dan memaksimalkan kerja pelembab atau body lotion.
5. Mengeluarkan Racun
Mandi dengan air bersuhu antara 32-35 Celcius dapat membuka pori pori yang dapat membantu mengeluarkan Racun Toksin dalam tubuh.
6. Dapat Menyembuhkan Sakit Otot / Pegal
Merendam kaki ke dalam air panas dapat membantu menyembuhkan dari selesma, sakit kepala dan membantu menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukkan air panas secukupnya sehingga melewati pergelangan kaki. Tambahkan beberapa tetes minyak seperti minyak lavender, peppermint atau lemon. Bilas dengan air dingin. Lakukan terapi ini selama 10-20 menit.
7. Efek Panas Menyebabkan Pelebaran Pembuluh Darah
meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Cipratan airnya pada tubuh pun akan terasa seperti pijatan, sehingga tubuh akan merasa lebih relaks. Para pakar pengobatan alternatif bahkan menyatakan, bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, Akan memperoleh khasiat ion-ion negatif.
*Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen
Ion negatif dalam aliran darah akan mempercdpat pengiriman paket oksigen ke dalam sel dan jaringan. Mandi menggunakan shower di rumah pun mempunyai efek menghasilkan ion negatif



TIPS AMAN MANDI AIR HANGAT
-.Air yang digunakan Jangan Terlalu Panas.
Suhu air hangat yang dipakai berkisar 40-50 derajat celcius.
-.Cek air mandi apakah tidak terlalu panas
Caranya celupkan telapak tangan dan rasakan apakah kulit terbakar atau tidak.Jika kulit terasa nyaman berarti hangatnya sudah cukup.
-.Sebelum menggunakan air hangat,mulailah dengan air dingin terlebih dahulu sedikit demi sedikit Kemudian baru disiram dengan air hangat. Hal ini dilakukan agar tubuh dapat beradaptasi dengan suhu yang ada.
-.Jangan Dilakukan Setiap Hari
Karena dapat mengurangi kelembaban kulit akibat lapisan minyak yang mencair terkena air hangat.

 Sumber :

7 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

Manfaat Mandi Air Hangat. Mandi setelah beraktivitas seharian membuat tubuh kembali segar. Mandi juga membuat tubuh kita sehat dan menghilangkan semua kotoran yang melekat. Sehingga, jikalau kita tidak mandi sehari saja, seakan terasa gatal-gatal seluruh tubuh kita.


       Sahabat, tips kesehatan. Ada sebagian orang yang suka mandi dengan air yang dingin, tapi ada juga yang lebih terbiasa dengan mandi air hangat.Mandi air hangat ternyata lebih di anjurkan, daripada kita mandi dengan air yang dingin. Ini di karenakan, dengan mandi air hangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Lalu apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dari mandi air hangat. Tips kesehatan, Berikut ini Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan :

  1. Awet Muda. Dengan mandi air hangat, maka pori-pori pada kulit kita akan terbuka sehingga kulit kita tampak segar dan tidak kering. 
  2. Mencegah Sakit Ringan. Dengan mandi air hangat, dapat meredakan penyakit batuk yang sedang menyerang kita. Ini dikarenakan dengan menghirup uang panas yang berasal dari air hangat tersebut mampu menghilangkan phlegm, yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan kita. 
  3. Terhindar Dari Migrain. Dengan mandi air hangat, dapat memperlancar peredaran darah kita, yang mana salah satunya peredaran darah yang menuju keotak kita. Sehingga kita terhindari dari terserang migrain 
  4. Meredakan Stres. Dengan mandi air hangat, dapat membantu menghilangkan rasa stress yang melanda pikiran kita yang sudah dipenuhi oleh segudang masalah yang ada.  
  5. Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes. Dengan mandi air hangat, dapat meringankan penderita diabetes. Ini dikarenakan, dengan mandi air hangat atau berendam selama setengah jam mampu menurunkan tingkat gula darah yang ada bagi penderita diabetes. 
  6. Menyehatkan Organ Jantung. Dengan mandi air hangat, dipercaya mampu memperbaiki kesehatan organ jantung kita. 
  7. Tidur Berkualitas. Dengan mandi air hangat, membuat istirahat atau tidur kita akan lebih pulas. Sehingga ketika bangun, tubuh kembali ke performa terbaiknya.  
Demikianlah tips kesehatan yang berjudul 7 manfaat mandi air hangat bagi kesehatan. Semoga artikel kesehatan yang disajikan dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda. 
     (Sumber : Dari berbagai sahabat blogger).

    Kebiasaan Mandi Air Hangat di Pagi Hari Merugikan Tubuh


    Jakarta, Seberapa sering Anda mandi air hangat di pagi hari? Jika jawabannya tiap hari sebaiknya ubah kebiasaan itu. Di pagi hari orang disarankan mandi air dingin karena lebih banyak manfaatnya.

    Sedangkan mandi air hangat boleh sesekali dilakukan jika tubuh terlalu lelah di malam hari karena mandi air hangat berkhasiat mengendurkan otot, meredakan stres dan mengatasi insomsia.

    Sedangkan saat Anda membutuhkan semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari, sebaiknya mandilah dengan air dingin.

    Air hangat memang punya khasiat untuk relaksasi otot dan pikiran, serta mengobati insomnia. Tapi bila dilakukan setiap hari dan berlebihan, maka Anda juga akan merasakan risiko buruknya.

    Beberapa risiko bila terlalu sering mandi air hangat, seperti dilansir BBC dan babycenter, Jumat (4/2/2011) adalah:

    1. Memperbesar pori-pori
    Untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak, mandi hangat memang dapat membantu. Namun bila Anda tidak menutup kegiatan mandi air hangat dengan air dingin, maka pori-pori Anda akan membuka dan semakin lebar, yang menyebabkan mudah terbentuknya jerawat.

    2. Menurunkan kualitas sperma
    Berendam atau mandi dengan air hangat tidak baik untuk testis. Berdasarkan penelitian tahun 2007, berendam selama 30 menit dalam bak air hangat atau panas dapat menurunkan produksi sperma. Tapi efek negatif ini bersifat reversible (dapat berubah)

    Mandi Air Dingin Lebih Banyak Manfaatnya Dibanding Mandi Air Hangat

    Kebanyakan orang biasanya lebih memilih untuk mandi air hangat ketimbang air dingin. Mandi air panas atau air hangat rasanya memang enak dan nyaman. Bayangkan bila Anda pulang ke rumah setelah seharian beraktivitas, menumpang kendaraan umum berdesakan dengan orang lain, dengan mandi air panas rasanya akan membuat semua kotoran dan rasa lelah lenyap seketika.

    Padahal, dengan mandi air dingin lebih banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh ketimbang mandi air hangat. Mandi air panas juga ternyata membuat kulit kering dan mudah keriput. Sebab, air yang panas akan meluruhkan minyak alami yang terdapat pada kulit.

    Anda harus tahu bahwa mandi dengan air dingin dapat membantu meningkatkan metabolisme, mencegah cedera otot pasca latihan dan mengatur kadar asam urat dalam tubuh Anda. Masih banyak lagi manfaat mandi air dingin yang bisa Anda peroleh seperti dikutip dari kompas.com berikut ini:

    1. Kesuburan pria
    Mungkin masih sangat sedikit orang yang tahu fakta ini, bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Di sisi lain, mandi air panas tidak baik untuk testis Anda, karena dapat berpotensi menurunkan jumlah sperma. Jika Anda ingin berencana untuk memiliki seorang anak, saatnya untuk mandi di air dingin. Berpikirlah kembali jika Anda berencana untuk mengunjungi sauna atau mandi uap.

    2. Meningkatkan sirkulasi darah
    Ketika air dingin mengenai permukaan kulit, pembuluh darah di bawah permukaan kulit akan mengkerut. Hal ini akan mengurangi sirkulasi darah, tetapi pada saat yang sama mekanisme tekanan darah secara otomatis akan menghancurkan dan menargetkan jaringan. Hal ini menyebabkan darah bersikulasi dengan dorongan lebih besar, sehingga aliran darah menjadi lebih kuat dalam meningkatkan sirkulasi.

    Air yang hangat akan mengalirkan darah ke kulit, sedangkan air dingin mengalirkan darah ke organ-organ tubuh. Perubahan antara panas dan dingin ini akan memicu sirkulasi yang lebih baik dalam darah, dengan memaksa darah untuk bergerak. Anda disarankan untuk mengubah air panas dan dingin beberapa kali, dan mengakhiri mandi dengan air dingin untuk membantu sirkulasi darah tersebut.

    Kita perlu memastikan sirkulasi darah yang baik karena hal ini dapat mencegah berbagai kondisi, seperti hipertensi, pengerasan arteri, dan urat-urat kaki yang menonjol (varises). Sirkulasi darah yang baik akan memperbaiki sistem tubuh kita, sekaligus membuat penampilan kita lebih menarik.

    3. Membangun kekebalan tubuh
    Anda ingin meningkatkan sel darah putih? Mandilah air dingin, karena itu akan meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya meningkatkan panas tubuh dan menghidupkan kembali sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih.

    4. Meningkatkan metabolisme
    Ketika seseorang merasa kedinginan, biasanya mereka akan mengenakan baju hangat untuk menghangatkan tubuh. Begitu pula saat tubuh Anda disiram air dingin, secara otomatis tubuh akan menghasilkan panas, yang membuat metabolisme tubuh meningkat dengan cepat. Saat itulah karbohidrat dan lemak dibakar untuk membuat Anda merasa hangat.

    5. Mencegah cedera
    Setelah Anda melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan Anda butuh waktu untuk membuat otot-otot Anda menjadi rileks. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat pada otot Anda akan membesar dan mengerut. Oleh karena itu, untuk mencegah serat otot pecah karena aktivitas fisik yang berlebihan, mandilah dengan air dingin.

    6. Air dingin dan irama tubuh
    Air dingin dapat memperdalam pernapasan Anda dan membantu melawan kelelahan. Bahkan jika Anda mengalami masalah tidur, mandi air dingin dipercaya bisa memembuat tidur menjadi lebih nyenyak.

    7. Wajah lebih berkilau
    Uap air panas cenderung akan membuka pori-pori. Dengan pori-pori wajah yang terbuka, kotoran akan lebih mudah dibersihkan. Namun, setelah selesai membasuh wajah, sebaiknya Anda menutup kembali pori-pori yang terbuka dengan mengguyurkan air dingin ke wajah. Membasuh wajah yang sudah bersih dengan air dingin juga akan mencegah pori-pori tersumbat kotoran dan minyak, yang menyebabkan masalah pada kulit seperti jerawat. Selain itu, air dingin juga membuat pembuluh darah menyempit sehingga mengurangi pembengkakan dan munculnya lingkar hitam di bawah mata. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih berkilau.

    8. Rambut lebih sehat
    Seperti yang telah dikatakan tadi, air panas akan membuka pori-pori. Bayangkan bila pori-pori pada kulit kepala Anda terbuka, tentu rambut jadi mudah rontok. Sebaliknya, air dingin akan menutup kutikula yang menyebabkan rambut menjadi lebih kuat dan mencegah kotoran terkumpul di kulit kepala. Rambut yang lebih kuat juga tak akan mudah tercabut ketika Anda menyisirnya, dan dengan sendirinya memperlambat kerontokan rambut. Tak hanya itu, air dingin juga membuat rambut Anda lebih berkilau. Sebab, air dingin tidak melenyapkan minyak alami yang terdapat pada kulit kepala dan rambut.

    9. Tubuh lebih bugar
    Ingin bisa mengawali hari dengan tubuh yang segar dan bugar? Mandilah dengan air dingin, karena air dingin akan membantu "membangunkan" saraf-saraf dalam tubuh Anda. Selepas mandi air dingin, Anda juga lebih dapat mengatasi udara dingin di luar rumah. Hal ini berbeda dengan mandi air panas, yang akan membuat tubuh menjadi lemas. Itu sebabnya, mandi malam dengan air panas membuat Anda siap tidur nyenyak.

    10. Manfaat lainnya
    Mandi air dingin dapat mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan mengatur sistem saraf otonomik.

    Mandi air dingin akan membuat Anda berenergi dan menguatkan seluruh esensi kehidupan Anda. Anda jadi lebih waspada dan bersemangat.

    Bila Anda belum terbiasa mandi air dingin, cobalah cara ini secara bertahap. Misalnya, dengan mulai mengurangi kadar hangat yang Anda gunakan saat mandi. Pelan-pelan, buatlah menjadi lebih kurang hangatnya, mulai dingin, dan akhirnya dingin sama sekali. Mulailah dengan mengguyur kaki lebih dulu, baru perlahan mengguyur tubuh bagian atas. Bila sudah terbiasa, Anda akan menaklukkan rasa "takut" pada air dingin. Kelak, Anda bahkan tak akan sempat memikirkan apakah air tersebut dingin atau tidak.

    manfaat-mandi-air-hangat-bagi-kesehatan

    Sahabat tips kesehatan. Mandi setelah beraktivitas seharian membuat tubuh kembali segar. Mandi juga membuat tubuh kita sehat dan menghilangkan semua kotoran yang melekat. Sehingga, jikalau kita tidak mandi sehari saja, seakan terasa gatal-gatal seluruh tubuh kita.
    Ada sebagian orang yang suka mandi dengan air yang dingin, tapi ada juga yang lebih terbiasa dengan mandi air hangat.Mandi air hangat ternyata lebih di anjurkan, daripada kita mandi dengan air yang dingin. Ini di karenakan, dengan mandi air hangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.
    Berikut ini manfaat mandi air hangat bagi kesehatan :
    • Menyembuhkan flu dan sakit kepala
      Mandi dengan air hangat memungkinkan Anda untuk menghirup uap yang bertindak sebagai dekongestan alami, anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak kayu putih atau peppermint untuk sensasi relaksasi yang lebih kuat. Selain itu air hangat yang dicampur dengan minyak ini akan membantu melawan dahak dan sakit tenggorokan. Selain itu juga mempercepat sirkulasi darah yang dapat membantu meringankan sakit kepala.
    • Melembabkan kulit
      Mandi air hangat akan membuka pori-pori Anda dan membersihkan semua kotoran dan juga minyak yang menempel pada tubuh Anda, kehangatan alami dari air ini akan melembabkan kulit dan juga membuatnya lembut serta kenyal.
    • Melepaskan racun
      Mandi dengan menggunakan air hangat akan meningkatkan sirkulasi sistem getah bening dalam tubuh, ini akan menyebabkan Anda berkeringat dan melepaskan racun dan bakteri dari tubuh.
    • Mengatasi susah tidur
      Jika Anda mengalami masalah susah tidur, mandi air hangat ini akan sangat membantu untuk mengatasi masalah Anda. Rendam diri Anda dalam bak mandi berisi air hangat dan biarkan tubuh Anda rileks. Mandi air hangat akan meningkatkan suhu tubuh yang mana akan menurun secara perlahan-lahan saat Anda mulai meninggalkan bak mandi. Perubahan suhu ini akan memicu Anda untuk mengantuk dan cepat tertidur.
    • Penghilang stress
      Saat Anda mandi air hangat janganlah terburu-buru atau tergesa-gesa, luangkan waktu dan nikmati setiap detik untuk bersantai dalam air hangat. Dengan melakukan hal ini Anda akan mendapatkan efek tenang pada tubuh. Lakukan ritual mandi air hangat ini setiap Anda selesai melakukan aktivitas yang melelahkan. Ini dijamin akan menghilangkan stres dan membantu Anda untuk tidur dengan lebih nyenyak.
    Ternyata mandi air hangat menyimpan begitu banyak manfaat bagi tubuh ya Ladies, selain memberikan kenyamanan ternyata melakukan ritual ini juga akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.


    Read more: 
    http://doktersehat.com/manfaat-mandi-air-hangat-bagi-kesehatan/

    cara-mandi-yang-salah-bisa-bikin-penuaan-dini

    Mandi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Para ahli kesehatan menganjurkan untuk mandi 2 kali sehari agar badan tetap segar setelah sehari penuh beraktivitas.
    Mandi tidak hanya sekedar menyirami tubuh dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan saat mandi. Beberapa penelitian awal telah menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan saat mandi bisa berbahaya karena bisa memicu kanker maupun infeksi serius. Berikut daftar kesalahan-kesalahan yang patut diwaspadai seperti dikutip dari Sixwise:
    1. Sembarangan pakai gel dan sabun mandi
    Meski belum konklusif atau menjadi kesimpulan final, beberapa hasil penelitian menunjukkan ada banyak bahan berbahaya yang sering ditemukan dalam produk-produk perawatan tubuh seperti Bisphenol A (BPA) dan triclosan. Bahan-bahan itu sering dikaitkan dengan kanker, diabetes bahkan kegemukan. Untuk lebih amannya, sebisa mungkin pilih sabun atau gel mandi dengan sesedikit mungkin bahan tambahannya.
    2. Tidak pernah membersihkan tirai kamar mandi
    Penelitian menunjukkan, 80 persen kuman yang ditemukan di tirai kamar mandi adalah keluarga sphingomonads dan methylobacteia yang bisa memicu infeksi saluran kemih, pneumonia atau radang paru dan abses atau luka di usus. Tidak ada pilihan lain, tirai harus sering-sering dibersihkan mengingat kamar mandi cenderung lembab sehingga sangat disukai mikroba.
    3. Membersihkan bak mandi dengan bahan beracun
    Bahan-bahan kimia memang bisa membersihkan bak mandi dari lumut maupun jamur dengan sangat cepat. Tapi bahan-bahan yang tinggal disemprot lalu bilas tanpa perlu digosok, umumnya mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa memicu kanker. Gunakan vinegar atau cuka apel, baking soda atau sejenisnya kalau mau lebih aman.
    4. Selalu pakai air panas
    Air yang terlalu panas bisa membuat kulit kering sehingga mudah kena iritasi. Kalau tidak ingin kedinginan, pakai air yang suam-suam kuku saja dan sesekali dianjurkan pakai air biasa supaya tidak terus-terusan.
    5. Berendam dalam air kaporit
    Biar lebih jernih, air mandi sering diberi kaporit atau klorin seperti di kolam renang. Padahal, penambahan kaporit ke dalam air akan menghasilkan senyawa kimia sampingan yang bernama Trihalometana (THM). Senyawa ini banyak diklaim oleh para pakar air di luar negeri sebagai penyebab produksi radikal bebas dalam tubuh (mengakibatkan kerusakan sel dan bersifat karsinogenik).Penelitian lain di Hartford, Connecticut, AS menemukan “Wanita dengan kanker payudara mempunyai kadar organochlorines (zat sampingan klorinasi) lebih tinggi hingga 50-60% lebih tinggi di dalam jaringan payudaranya dibanding mereka yang tidak mempunyai kanker. Kaporit dalam air hangat faktanya lebih mengejutkan adalah bahwa efek negatif kaporit terhadap tubuh manusia sebanyak 70% bukan masuk melalui air yang diminum, melainkan dari uap klor (kloroform) dalam kaporit yang terhirup saat mandi, ditambah dengan penyerapan kaporit melalui kulit.
    Saat berendam dengan air panas yang mengandung kaporit pori-pori kulit akan melebar, uap klorin bisa masuk dan terserap dalam jumlah lebih banyak. Mengingat permukaan kulit yang terlibat kontak dengan air saat mandi sangat luas, konon klorin yang terserap tubuh bisa 100 kali lebih banyak dibandingkan kalau airnya terminum.
    Kulit dan rambut sebagai organ pertama yang bersentuhan dengan air yang mengandung kaporit  akan menunjukkan reaksinya terlebih dahulu dengan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini.
    • Kaporit merusak lapisan kolagen pada kulit, terjadi proses penuaan melalui perusakan sel, menyebabkan kulit terlihat kusam dan tampak tua sebelum waktunya.
    • Kaporit merusak lapisan pelindung kulit, menyebabkan kulit terasa ketat dan kering. Pada bayi, anak-anak seringkali terjadi iritasi kulit dan biang keringat, atau sering dikatakan sebagai “alergi”. Hal ini terjadi karena lapisan terluar pada epidermis kulit yang berfungsi sebagai penahan debu dan kotoran mengalami kerusakan dan tak mampu menjalankan fungsinya lagi.
    • Kaporit merupakan salah satu pemicu terjadinya Keratinisasi kulit yaitu penumpukan sel kulit mati pada epidermis kulit di mana sel kulit mengeras, gepeng dan kehilangan inti selnya. Akibatnya kulit wajah terasa tebal dan tak segar, membuat bedak tak mau menempel sempurna. Jerawat dan komedo mudah muncul karena minyak hasil produksi sebum tidak dapat keluar ke permukaan kulit dan tersumbat.
    •  Pada rambut, kaporit merusak batang rambut dan mengiritasi kulit kepala dan memperburuk kondisi ketombe dan rambut rontok. Rambut yang mengalami proses kimia seperti pewarnaan, pengeritingan dan pelurusan (rebonding) akan semakin kering dan mudah patah akibat kaporit. Rambut menjadi susah diatur, tampak kusam dan kasar.
    Dari berbagai sumber


    Read more: 
    http://doktersehat.com/cara-mandi-yang-salah-bisa-bikin-penuaan-dini-2/

    mandi-malam-picu-rematik-benarkah

    Jangan mandi malam hari, nanti bisa terkena rematik! Larangan seperti ini masih sering terdengar di telinga kita. Lalu, benarkah mandi malam bisa menyebabkan rematik?
    Para ahli kesehatan menjelaskan bahwa  udara dingin dan air dingin memang merupakan faktor predisposisi yang dapat menyebabkan nyeri sendi. Oleh karena itu, penderita rematik atau jenis rematik lainnya sebaiknya menghindari mandi di malam hari. Namun, jika Anda ingin mandi di malam hari baiknya menggunakan air hangat.
    Suhu dingin memang diketahui bisa mengakibatkan kapsul sendi mengkerut. Kondisi ini menyebabkan munculnya rasa nyeri pada penderita rematik. Karena itulah sangat disarankan untuk mandi dengan air hangat jika Anda ingin mandi di malam hari.
    Dr Andry Reza Rahmadi, SpPD, MKes, dokter spesialis penyakit dalam RS Hasan Sadikin Bandung, menegaskan bahwa mandi air hangat sangat dianjurkan untuk mereka yang sudah terkena penyakit artritis reumatoid atau rematik lainnya. Tidak benar jika orang yang sehat lalu mandi malam kemudian terkena rematik. Sampai sekarang belum ada bukti yang bisa membuktikan bahwa hal tersebut benar.
    Seseorang bisa menderita rematik akibat mandi di malam hari hanyalah mitos belaka. Dr Andry menegaskan bahwa itu tidak benar, yang perlu diperhatikan jika Anda memiliki rematik sebaiknya hindari mandi malam. Dalam hal ini kurun waktu yang dikatakan malam yaitu selepas Magrib sampai pagi berikutnya. Tapi, bergantung pula pada daerah tempat tinggal orang tersebut. Mereka yang tinggal di daerah pegunungan suhu dinginnya mungkin bisa didapat dalam waktu yang lebih sore.


    Read more: 
    http://doktersehat.com/mandi-malam-picu-rematik-benarkah/

    MANFAAT MANDI AIR HANGAT

    Jika Anda kuat mandi dengan air panas, silakan. Hanya saja, tidak disarankan untuk berlama-lama. Lebih baik adalah mandi dengan air suam-suam kuku alias air hangat. Menurut situs Live Strong, guna mandi air hangat adalah:

    1. Meningkatkan sirkulasi
    Air hangat dapat merawat rasa sakit pada otot dan persendian yang disebabkan oleh artritis, otot sobek, dan kelelahan. Rasa hangat akan merangsang sirkulasi dan aliran darah. Pada waktu bersamaan, terjadi pelemasan sendi, tendon, jaringan dan otot. Walau tidak menyembuhkan secara permanen, lima menit mandi air hangat dapat mengurangi sakit, merangsang penyembuhan, dan mengurangi radang.

    2. Membersihkan kulit
    Pori yang tersumbat dapat menyebabkan blemish dan penumpukan toksin pada kulit. Air hangat akan membuka pori, membuatnya mudah untuk dibersihkan, dan segala kotoran pun terlepas. Bilas dengan air dingin, sehingga pori akan menutup kembali.

    3. Pemanasan sebelum latihan
    Mandi air hangat pada pagi hari adalah cara efektif untuk memanaskan tubuh sebelum olahraga pagi. Ketika Anda bangun tidur, otot-otot bisa jadi dalam keadaan kaku. Mandi air hangat dapat membantu melemaskan otot dengan melancarkan peredaran darah.

    4. Menghilangkan leher dan bahu yang pegal
    Selain dipijit, mandi air hangat bisa untuk mengurangi leher dan bahu yang pegal dan kaku. Guyur bagian yang kaku dengan air hangat selama beberapa menit untuk merilekskan otot.

    5. Meredakan batuk
    Uap dari air hangat dapat melegakan dahak dan menyingkirkannya. Dahak menyebabkan batuk atau tenggorokan nyeri. Menambahkan minyak ekaliptus ke kulit atau ke udara akan membuat Anda bernapas lebih mudah.

    6. Mengurangi stres dan insomnia
    Mandi air hangat adalah penenang alami. Jika Anda sedang stres atau kesulitan tidur, mandilah air hangat selama 10 menit untuk menenangkan tubuh, pikiran, dan saraf.

    6 Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

    Tak banyak orang yang tahu bahwa dengan mandi air hangat kita mendapatkan banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan, apa saja sih sebenarnya manfaatnya, mari kita simak bersama pada pembahasan berikut ini.

    6 Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

    Kesehatan

    1. Meringankan stres
    Seperti yang sudah saya katakan mandi air panas mampu membuat Anda menjadi rileks. Tubuh Anda menjadi lebih tenang sehingga stres pun hilang ketika sedang banyak pikiran dengan segala permasalahan yang ada.

    2. Membuat Anda tidur nyenyak 
    Bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk tidur, cobalah berendam dengan air hangat. Biarkan tubuh Anda rileks. Sehingga Anda pun akan merasakan efek nyaman dan membuat rasa kantuk dan anda bisa tidur nyenyak

    3. Melancarkan Peredaran Darah.
    Dengan mandi air hangat, dapat memperlancar peredaran darah kita, yang mana salah satunya peredaran darah yang menuju keotak kita. Sehingga kita terhindari dari terserang migrain

    4. Meringankan Diabetes.
    Dengan mandi air hangat, dapat meringankan penderita diabetes. Ini dikarenakan, dengan mandi air hangat atau berendam selama setengah jam mampu menurunkan tingkat gula darah yang ada bagi penderita diabetes. 

    5. Meredakan Penyakit Batuk.
    Dengan mandi air hangat, dapat meredakan penyakit batuk yang sedang menyerang kita. Ini dikarenakan dengan menghirup uang panas yang berasal dari air hangat tersebut mampu menghilangkan phlegm, yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan kita.

    Kecantikan

    6. Melembabkan kulit
    Mandi dengan air hangat akan membuka pori-pori Anda dan membersihkan kotoran serta minyak yang terperangkap di dalamnya. Kehangatan alami dari air hangat sanggup untuk membuat kulit Anda lembut dan kenyal.

    TIPS & INFO

    Manfaat Air Panas

    Salah satu struktur bumi adalah kerak bumi yang mana kita tahu kerak bumi dapat menghasilkan sumber mata air panas yang air tersebut dipanaskan secara geotermal. Banyak manfaat air panas yang bisa diambil seperti salah satunya adalah dengan merendamkan diri pada air panas agar rileks karena kandungan yang dimiliki air panas terdiri dari kadar mineral yang cukup tinggi seperti radium dan kalsium.
    Banyak orang yang memanfaatkan air panas tersebut, biasanya mereka berbisnis di bidang pemandian air panas atau dalam bentuk pengobatan. Namun penting untuk diketahui kalau manfaat air panas tidak hanya merendam tubuh, akan tetapi juga terletak saat air panas tersebut dikonsumsi.

    Beberapa Manfaat Dari Air Panas Untuk Konsumsi

    • Bagi anda yang sedang dalam program diet dan masih tidak bisa menjauhi makanan yang berlemak, ada baiknya anda mengonsumsi air panas. Peran air panas sendiri adalah mengurangi lemak dalam tubuh sehingga lemak pun tidak tertimbun dalam tubuh.
    • Manfaat air panas yang selanjutnya dapat menjaga suhu lambung agar tetap optimal dalam perannya. Dan juga air panas dapat mengoptimalkan enzim pencernaan pada suhu tubuh 37 derajat celcius.
    • Bagi anda yang sering mangalami diare ataupun sembelit, anda bisa mengkonsumsi air panas paling tidak sesudah bangun tidur. Jika hal ini sulit untuk anda lakukan, anda bisa mengonsumsinya sesaat sebelum sarapan. Ini baik bagi anda dalam mengatasi sembelit dan diare, bahkan juga dapat mencegah terjadinya iritasi usus besar.
    Selain mengkonsumsi air panas secara langsung, anda bisa mengonsumsinya dengan variasi anda sendiri. Kami akan berikan tips bagi anda dalam mengkonsumsi air panas sebagai minuman:
    • Yang pertama adalah dengan membuat kopi menggunakan air panas. Akan tetapi dalam membuat kopi sebaiknya tidak terlalu kental agar tubuh kita gampang dalam menyerap cairan.
    • Selanjutnya adalah dengan membuat teh madu ataupun teh herbal. Dalam pembuatannya sebaiknya anda tidak langsung membuatnya ketika air panas baru mendidih, akan tetapi tunggulah beberapa saat setelah air tersebut mendidih.
    • Dan yang terakhir adalah mencampurkannya dengan madu ataupun jahe, disini anda bisa mendapatkan manfaat agar tenaga dan daya tahan tubuh anda semakin bertambah.

    Manfaat Air Panas untuk Mandi

    Seperti telah disinggung diawal bahwa air panas juga baik untuk tubuh yakni dengan merendamkan diri atau mandi. Ini dikarenakan dengan mandi air panas kita bisa mendapatkan tubuh kita kembali segar setelah melakukan aktivitas. Berikut beberapa manfaat mandi air panas :
    • Dengan mandi air panas, kita akan mandapatkan tubuh kita melakukan relaksasi otot. Saat kita merendamkan diri pada air panas, otomatis tekanan darah kita akan mengalami peningkatan. Jika kita merendamkan diri semakin lama, maka kita pun akan merasakan pemanasan dan mencapai otot yang lebih dalam. Setelah itu pun pembuluh darah kita akan mengalami perluasan.
    • Mandi air panas juga dapat membersihkan kulit tubuh dari kotoran serta keringat pun akan hilang seketika.
    • Bagi anda yang mengalami insomnia, ada baiknya mandi air panas sesaat sebelum tidur anda. Sebab mandi air panas dapat menenangkan dan merilekskan tubuh kita sehingga tidur kita pun akan nyenyak.
    Nah, jika anda sudah mengetahui manfaat air panas ini, maka segeralah untuk melakukannya baik dari mandi ataupun mengkonsumsinya. Ketika diminum, memang air panas tidak memberikan kesegaran seperti air putih, tetapi manfaat air panas akan anda dapatkan untuk jangka panjang kesehatan anda. Anda bisa memasaknya sendiri di rumah ataupun jika anda punya waktu lebih, anda bisa datang langsung ke tempat sumber air panasnya.

    Inilah Efek Dari Mandi Malam Hari Dengan Air Hangat

    Beraktivitas hingga malam hari membuat kita tak sempat mandi di sore hari. Maka mau tidak mau aktivitas membersihkan diri ini dilakukan pada malam hari. Banyak mitos mengatakan mandi malam hari bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari masuk angin hingga bisa menimbulkan penyakit rematik. Tapi bila tidak mandi sebelum tidur kotoran dan keringat yang menempel membuat tubuh tidak nyaman dan terasa lepek.
    Bila tetap ingin mandi malam, coba saja mandi dengan air hangat. Mandi malam dengan menggunakan air hangat ternyata juga memiliki efek baik bagi kesehatan. Seperti dilansir dari naturopathycure.com, mandi air hangat membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat kotoran setelah beraktivitas di siang hari. Ada baiknya mencampurkan air perasan lemon dalam air hangat untuk mandi. Selain membantu membersihkan kulit, juga bisa memberikan kesegaran dan pada tubuh.
    Selain itu, ini adalah efek lainnya dari mandi dengan air hangat antara lain :
    1. Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak. Karena badan lebih segar dan nyaman.
    2. Aktivitas ini bisa membuat kulit tubuh terlindungi dari masalah kulit, akibat kotoran yang menempel dari paparan debu dan polusi saat beraktivitas di siang hari.
    3. Melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa lelah sehabis melakukan aktivitas seharian. Karena mandi air hangat bisa membuat otot dan persendian menjadi lebih relaks.
    4. Bisa membantu mengurangi rasa kedinginan pada tubuh. Karena mandi air hangat bisa menaikkan suhu tubuh.
    5. Berendam di air hangat juga dapat mengurangi stress dan membuat fikiran lebih relaks.
    Biarpun mandi malam dengan air hangat mempunyai banyak manfaat tapi ahli tidak menganjurkan untuk sering mandi larut malam. Setidaknya mandi malam hari dianjurkan hanya dilakukan 2 kali dalam seminggu. Selain itu disarankan untuk tidak mandi 1 jam sebelum atau setelah makan. Hal tersebut bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

    Manfaat dan Resiko Mandi Air Hangat

    Siapa sih yang tidak pernah mandi air hangat, apalagi saat kita kelelahan setelah melakukan segala aktivitas. Badan yang lelah seharian rasanya seperti dimanja saat disirami air hangat. Tapi ternyata Sahabat GueTau, mandi air hangat itu jangan keseringan loh, karena ada resikonya juga. Cari tahu resiko dan manfaat mandi air hangat di bawah ini.
    Bila sahabat guetau keseringan mandi air hangat, maka resikonya:
    1. Memperbesar pori-pori
    Untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak, mandi hangat memang dapat membantu. Namun, bila kamu tidak menutup kegiatan mandi air hangat dengan air dingin, maka pori-pori akan membuka dan semakin lebar sehingga memudahkan terbentuknya jerawat.
    2. Menurunkan kualitas sperma
    Bagi Sahabat GueTau yang laki-laki, berendam atau mandi dengan air hangat tidak baik untuk testis. Berdasarkan penelitian tahun 2007, berendam selama 30 menit dalam bak air hangat atau panas dapat menurunkan produksi sperma. Tapi efek negatif ini bersifat reversible (dapat berubah). Eksposur air hangat atau panas bisa berdampak negatif bagi sperma karena membuat sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang. Perkembangan sperma terbaik dikenal pada lingkungan yang dingin, inilah sebabnya mengapa testis terletak di luar tubuh manusia, yaitu di dalam skrotum.
    3. Membahayakan janin
    Mandi air hangat sebenarnya tidak bermasalah untuk ibu yang sedang hamil, tapi yang perlu diperhatikan adalah suhunya. Bila suhu air terlalu tinggi maka kegiatan mandi tersebut bisa membahayakan bayi. Suhu yang tinggi terutama di awal-awal kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir pada keturunan.
    Tenang, mandi air hangat nggak hanya menimbulkan efek negatif kok. Ini nih manfaat mandi air hangat:
    • Mandi air hangat dengan suhu sekitar 32-35 derajat celcius selama 10-20 menit dapat membuka pori-pori yang dapat mengeluarkan toksin atau racun dari dalam tubuh.
    • Sebuah studi terbitan New England Yournal of Medicine menunjukkan, penderita diabetes yang menghabiskan waktu setengah jam berendam dalam bak air hangat, tingkat gula darahnya turun sekitar 13 %.
    • Penyakit kulit tertentu seperti eksim, ruam, atau gatal-gatal dapat diobati dengan menambahkan baking soda (sodium bicarbonate) ke dalam bak mandi air hangat. Dalam hal ini, sodium bicarbonate bertindak sebagai antiseptik. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit.
    Infeksi Yeast seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan tiga atau empat sendok cuka dari sari buah apel ke dalam bak mandi. Dianjurkan berendam selama 15-20 menit. Kegiatan ini juga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan kembali kadar keasaman tubuh.
    Sekarang tinggal Sahabat GueTau sendiri yang menentukan secara tepat sesering apa mandi air hangat.
    ___
    Ditulis oleh 








    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar